Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Gizi Kesmas’ Category

buah kurma di supermaket

Apalagi kalau bukan kurma. Makan yang satu ini selalu menjadi hidangan khusus sewaktu menjalankan ibadah puasa. Sebab, sudah menjadi hal yang lumrah sebagai panganan berbuka puasa. Walaupun buah satu ini asli dari tanah gurun, tapi sekarang kita yang berada di tanah tropis juga bisa menikmatinya, bahkan sangat banyak tersedia di pusat perbelanjaan. Jadi teringat, kalau mau makan kurma, kudu nunggu mereka yang pulang dari tanah suci, hehe.

Ekh… Btw, bulan puasa kini telah berlalu. Stok buah kurma di pasaran juga mulai berkurang. Buah kurma seolah-olah hanyalah buah musiman di negeri ini, dimana musimnya bertepatan dengan bulan puasa. Karena itulah, judul tulisan ini “sampai ketemu lagi si buah gurun”, yang menggambarkan bahwa nanti bulan puasa depan kita bertemu lagi, hehe (insyaallah).

Ekh, tau ngak bahwa buah kurma itu adalah pangan yang sehat. Makanya sang nabi saja menganjurkan berbuka puasa dengan kurma dan segelas susu. Selain rasanya manis dan lezat ternyata buah ini memiliki nilai gizi yang luar biasa. Sebab, disamping menyuplai energi, kurma juga diketahui kaya akan zat gizi seperti kalium, magnesium, niasin dan serat pangan (dietary fiber) yang berguna dalam menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Fungsi mineral kalium cukup penting yakni berperan menjaga keteraturan denyut jantung. Selain itu, mengaktifkan kontraksi otot, mengendalikan keseimbangan air dalam jaringan  dan sel-sel, serta membantu mengatur tekanan darah. Dengan konsumsi kalium 400 mg perhari , para ahli percaya resiko stroke dapat berkurang.

kurma indo bisa berbuah?

Buah kurma juga adalah buah yang memiliki serat yang tergolong banyak. Sesuai anjuran The American Cancer Society bahwa alangkah baiknya jika kita rutin mengkonsumsi 20 – 30 gram serta pangan. Sebagai tambahan info, serat terbagi menjadi serta larut dan serta tidak larut. Serat larut bermanfaat mencegah penyakit jantung sedangkan serat tidak larut berguna membantu proses pencernaan dengan mendorong makanan ke saluran cerna.

Sebagai asupan energi, 1 butir kurma mengandung 31 gram karbohidrat. Kalkulasinya jika karbohidrat dalam tiap gramnya mengandung 4 kalori, berarti 1 buah kurma = 124 kalori. Ekh, tau ngak kalau kebutuhan energi rata-rata orang dewasa kategori pekerja sedang Indonesia 2.800 – 3.000 kalori per hari (wah, 20 butir kurma per hari sudah mencukupi tiap harinya tuh, hehe). Kelebihan kurma yaitu memberi kalori tanpa mengandung lemak. Selain juga, kurma mengandung potasium yang berguna menjaga kesehatan proses metabolisme tubuh, melindungi otot jantung, memastikan sistem saraf bekerja dengan baik, serta membantu menghilangkan sodium dalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah.

Wah..wah… banyak manfaatnya yah!

Salam sehat…

Read Full Post »

Fasting is a valid experience. It can benefit any otherwise helathy person whose calories now have the upper hands in his / her life.
The New England Journal of Medicine

Buku karya Allan Cott M.D

Fasting is not starving! Yah, memang demikian adanya. Berpuasa bukan berarti Anda kelaparan. Sebagai seorang muslim, patutlah mensyukuri nikmat luar biasa dari puasa. Yakinlah agama bukan diturunkan untuk menjadi beban bagi umat manusia, melainkan memberi dampak positif bagi penganutnya. Kalimat “fasting is not starving” merupakan kutipan saya dari kalimat yang ditampilkan dalam bukunya Allan Cott – Fasting The Ultimate Diet.

Why fast? Di awal buku, Allan mencantumkan beberapa manfaat dari berpuasa, yaitu:
1. To lose weight the quickest and easiest way
2. To feel better physically and mentally
3. To look and feel younger
4. To safe money
5. To give thw whole system a rest
6. To clean out the body
7. To lower blood pressure and cholesterol levels
8. To cut down on smoking and drinking
9. To get more out of sex
10. To let the body hela itself
11. To relieve tension
12. To end dependence on drugs
13. To sleep better
14. To digest food better
15. To regulate bowels
16. To feel euphoric
17. To sharpen the senses
18. To quicken mental processes
19. To save time
20. To boost self-esteem
21. To learn better eating habits
22. To share with the hungry
23. To gain control of oneself
24. To seek spiritual revelations
25. To observe religious rites
26. To call attention to social issues
27. To slow the aging process

puasa bukan berarti lapar

Itulah jawaban dari Allan Cott MD, seorang ahli yang berpendirian bahwa puasa memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Selain manfaat kesehatan, Allan Cott juga melihat manfaat sosial yang terkandung di dalamnya. Dia juga menambahkan adanya sebuah hasil studi di University of Pennsylvania dan Piedmont Hospital – Atlanta yang menunjukkan bahwa terapi kegemukan yang paling cocok adalah dengan berpuasa karena yang mereka yang menjalankan puasa tidak merasa lapar. Mungkin kedengarannya aneh, tapi inilah yang terjadi. Makanya, diet dengan berpuasa adalah cara yang paling efektif.

What do you think is the most important discovery in our time? The radioactive watches? Exocet bombs? In my opinion the bigest discovery of our time is the ability to make onself younger phisically, mentally and spiritually through rational fasting,” Yuri Nikolayev.

Mendukung karya Allan, dr. Yuri Nikolayev seorang bagian diet pada Rumah Sakit Jiwa Moskow menilai bahwa puasa dapat menjadikan awet muda, merupakan sebagai suatu penemuan terbesar abad ini. Beliau mengatakan: “Menurut pendapat saya, penemuan terbesar dalam abad ini ialah kemampuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental, dan spiritual, melalui puasa yang rasional.”

Fasting is the ladies best beautifier, it brings grace charm and poice, it normalizes female functions and reshapes the body contour,” Alvenia M. Fulton.

Tambahan, ada juga, Alvenia M. Fulton, Direktur Lembaga Makanan Sehat “Fultonia” di Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh.

Bagaimana? Benar khan puasa bisa menyehatkan!

Read Full Post »

       Duuuh, sakiiit (sumber : google search)

Dulu, seringkali temanku mengajukan pertanyaan “Bro, kenapa ketika berpuasa, sakit maag yang kuderita selama ini justru tidak pernah menghampiriku?“. Mungkin basic ilmu yang kugeluti sebagai kader kesehatan masyarakat, memberiku “cap” sebagai ahli di bidang kesehatan. Padahal aku ngak tau sama sekali tentang masalah ini, hehe. Makanya jurus sebagai ustad dadakan-pun aku keluarkan. Hampir dipastikan kala itu aku akan menjawab, “Itulah berkah puasa. Agama tidak pernah dibuat untuk menyengsarakan umatnya, justru diberi kemudahan,”.

Wah, itu doeloe! Kini posisi berubah, saya yang menjadi penanya bukan lagi sebagai ustad dadakan. Selepas kesibukanku sebagai wartawan media, pola makanku jadi amburadul. Akibatnya sakit maag kini telah menjadi bagian dari hidupku. Awal puasa ramadhan ini, aku was-was akankah saya mampu menjalankan ibadah puasa. Nahan lapar 6 jam saja perut selalu menjerit. Apa jadinya kalau nahan lapar selama 13 jam? Ternyata aku mampu, dan bisa membuktikan bahwa maag bukanlah penghalang untuk berpuasa. Bahkan sakit maag yang kuderita jadi sembuh selama berpuasa.

Jamaaaaaah, woi jamaah! Mau tau jawaban? Mauuuuuuuu? Baca aja kelanjutannya, hehe.

Hasil pertanyaanku kepada Om-nya kita-kita semua (Om Gugel), memberi pencerahan baru tentang masalah ini. Kalau ndak percaya cek saja sendiri. Inilah beberapa kutipan kalimat yang mungkin terlihat adanya benang merah antara maag dan puasa:

Hal ini disebabkan pola makan yang menjadi lebih teratur saat berpuasa dan berkurangnya konsumsi makanan yang mengandung gas. Harian Kompas, 12 Juli 2011.

Mayoritas masyarakat Indonesia adalah penderita maag karena gangguan fungsional, biasanya saat berpuasa keluhan sakitnya berkurang dan merasa lebih sehat saat berpuasa. Maklum, keluhan sakit maag pada pasien jenis ini akibat ketidakteraturan makan, konsumsi makanan berlemak, asam dan pedas, serta konsumsi minuman soda dan kopi. Dan, selama berpuasa, pasien makan lebih teratur. Harian Republika, 2 Agustus 2011.

Stres sebagai salah satu faktor pencetus maag, umumnya akan mereda saat berpuasa. Sebab inti dari puasa adalah pengendalian diri, termasuk emosi. Sehingga, faktor risiko stres pada orang sakit maag justru berkurang. Okezone 25 Agustus 2009.

Wah, sebenar masih banyak yang masih dikutip, tapi saya rasa sudah dapat ditarik kesimpulannya. Dengan berpuasa, pola makan justru menjadi teratur, sehingga orang yang sakit maag (dispepsia) pun bisa merasa lebih baik, selain itu, stress sebagai pemuci maag dapat dikendalikan karena pasien sedang berpuasa. So, selain utuk ibadah, puasa itu ditujukan untuk menjadi sehat.

Eits, sebelum saya tutup tulisan ini, ada beberapa info tambahan yang mungkin bermanfaat bagi penderita maag.

  • Jangan makan berlebihan saat sahur ataupun berbuka.
  • Untuk penderita dispepsia organik dianjurkan untuk tetap mengonsumsi obat maag (bahkan dianjurkan untuk tidak berpuasa jika berbahaya bagi kesehatan, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu).
  • Sedangkan pasien dispepsia fungsional (mayoritas masyarakat menderita maag seperti ini) tidak perlu lagi mengonsumsi obat maag selama berpuasa. Puasa menjadi obat alami untuk maag tipe ini.

Semoga bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa yah bro n sis. Salam.

Read Full Post »

IPB, BPOM dan Menkes seakan kompak untuk menutup mulut terhadap kasus ini. Enterobacter sakazakii adalah bakteri yang diduga telah mencemari susu formula yang ada di pasaran.

Kronologi Kasus Susu Formula Tercemar

  • Kasus ini bermula ketika IPB mengungkapkan hasil penelitian Februari 2008. Sebanyak 22,73 persen susu formula dan makanan bayi mengandung enterobacter sakazakii.
  • Bakteri ini berbahaya bagi organ tubuh seperti pembuluh darah, selaput otak, saraf tulang belakang, limpa, dan usus bayi.
  • Penelitian dilakukan 3 tahun terhadap 22 sampel susu yang mengandung bakteri enterobacter sakazaii antara tahun 2003-2006.
  • Penelitian dilakukan terhadap tikus yang diinfeksi enterobacter. Hasilnya tikus itu mengidap enteritis (peradangan saluran pencernaan), sepsis (infeksi peredaran darah) dan meningitis (infeksi pada lapisan urat saraf tulang belakang dan otak).
  • Sejumlah pihak mendesak Kementerian Kesehatan, BPOM dan IPB mengumumkan. Namun ketiganya menolak dengan beberapa alasan antara lain pertimbangan etika, penelitian belum teruji pada manusia tetapi pada tikus, dan belum ditemukan kasus bayi yang terinfeksi enterobacter setelah mengkonsumsi susu.
  • Pengacara David M.L. Tobing menggugat Institut Pertanian Bogor, Badan POM, dan Menteri Kesehatan di Pengadilan Negeri Pusat pada Maret 2008.
  • Pengadilan mengabulkan permohonan David pada Agustus 2008 agar pihak tergugat mengumumkan susu yang tercemar. Namun ketiga pihak tergugat mengajukan banding.
  • Tergugat kembali kalah di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, yang menguatkan putusan Pengadilan Negeri. BP POM, IPB dan Kementerian Kesehatan mengajukan kasasi.
  • 26 April 2010, Mahkamah Agung memutuskan tiga pihak mengumumkan seluruh merk susu formula melalui media massa yang memuat informasi detil dan transparan.
  • Publikasi harus dilakukan paling lambat akhir akhir Februari 2011.

Pertanyaan, kenapa mereka menutup mulut terlalu lama?

Read Full Post »

4 + 1 = ….

lagi minum susu

Naaak, jangan lupa minum susu yah… ingat 4 + 1…

Apaan sih 4 + 1 itu? Yah itu segelas susu sebagai pelengkap 4 kebutuhan lainnya. Empat sehat, lima sempurna.

4 sehat 5 sempurnaTernyata teori dari Bapak Gizi Indonesia (Prof Poerwo Soedarmo) ini telah usang. Teori ini telah menjadi bahan ajar bagi pelajar seantero Indonesia sejak tahun 1950. Namun kayaknya sekarang buku-buku pelajaran gizi ini segera direvisi.

Ilmu memang selalu berkembang, demikian halnya juga dalam ilmu gizi. Kini konsep 4 sehat 5 sempurna telah diganti dengan istilah GIZI SEIMBANG (GS). Pedoman Gizi Seimbang (PGS) merupakan panduan resmi negeri tercinta ini untuk menyiapkan pola hidup sehat menghadapi tantangan gizi. Ekh, ingat lho, tantangan gizi bukan lagi hanya masalah kekurangan gizi tapi juga problem gizi lebih.

“Seimbang berarti disesuaikan dengan kebutuhan. Jika seseorang rajin berolahraga tentu ia boleh makan agak lebih banyak dibanding orang yang kurang aktif,” Prof. Soekirman

Gizi seimbang berprinsip bahwa tiap golongan usia, jenis kelamin, kesehatan, dan aktivitas fisik memerlukan gizi yang berbeda sesuai dengan kondisi masing-masing kelompok. Ini berbeda dengan konsep 4 sehat 5 sempurna yang menyamaratakan kebutuhan gizi semua orang,

Ingat 4 + 1 = ketinggalan, hehe. HEALTHY INDONESIA, WEALTHY INDONESIA (bahan bacaan dari kompas)
Salam sehat…

Read Full Post »

“Children throughout the world are exposed to marketing of foods high in fat, sugar or salt, which increases the potential of younger generations developing noncommunicable diseases during their lives.” World Health Organization

Paparan media akan berbagai makanan dan  minuman yang menggiurkan anak-anak makin menggila belakangan ini. Seolah-olah media tidak memiliki rasa tanggung jawab akan perkembangan anak-anak negeri ini. Lagi-lagi ini urusan duit, duit bicara, semua jadi pada diam.

Data WHO menunjukan bahwa 43 juta anak pre-school seluruh dunia mengalami kelebihan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa adanya korelasi signifikan antara anak-anak ini dengan ekspos terhadap iklan makan “sampah” yang terbukti memiliki nilai nutrisi rendah.

Lantas apa akibatnya? Ancaman penyakit tidak menular (noncommunicable diseases) tentu saja meningkat. Kanker, diabetes, serangan jantung, dan paru-paru meruakan big four untuk tersangka dari 60% kematian atau 35 juta jiwa tiap tahunnya.

Apakah Anda akan terus membiarkan anak Anda dibodohi media? Awasi pola jajan mereka sejak dini. Let’s be responsible consumers.

Salam sehat…

Read Full Post »

Sebuah pernyataan menarik dari salah seorang professor Universitas Bournemouth Inggris menyatakan bahwa “makanan di penjara lebih bergizi dibanding makanan di rumah sakit milik pemerintah”. Professor Jhon Edwards selaku peniliti juga mengungkapkan bahwa hal ini berbading terbalik dengan narapidana yang berada di dalam penjara sebab narapidana diberikan nutrisi yang sangat lengkap dan berkualitas baik.

Weleleh, kok bisa gitu yah… Selain kurang bergizi ternyata kebanyakan makan di rumah sakit pemerintah tidak berselera. Tau sendiri khan orang sakit tuh makannya “milih-milih”. Khan lagi sakit jadi selera makannya jadi aneh, hehe. Konon, 50 persen makanan rumah sakit di Jepang terbuang karena tidak “enak” dan di Inggris dana sekitar Rp 800 miliar terbuang sia-sia karena makanan rumah sakit yang tidak habis. Emang sih, belum tentu makan yang bergizi itu sesuai dengan selera kita. Makanya berdoa deh, moga-moga rumah sakit di negeri ini memiliki menu makanan yang enak dan bergizi, hehe (ngarep).

Sebagai penutup, kami beri pertanyaan buat pembaca (di jawab yah). “Percayakah Anda makanan di penjara lebih bergizi daripada makanan di rumah sakit pemerintah?

*Aku sih percaya, yakin deh, makanan si Gayus kampret dkk, lebih enak dan bergizi dari makanan rumah sakit pemerintah terbaik manapun di negeri ini, hehe.

Salam sehat

Read Full Post »

Older Posts »